Beasiswa Pendidikan Untuk Pelajar di Papua

Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Perwakilan Papua belum lama ini memberikan beasiswa pendidikan untuk pelajarn muslim Papua yang secara simbolis diterima oleh anak-anak santri asli Papua. Acara penyerahan dilaksanakan di Pondok Pesantren Hidayatullah Holtekamp Jayapura.

Beasiswa Pendidikan Untuk Pelajar di Papua

Pesantren ini berada di ujung Timur Indonesia dan paling dekat dengan perbatasan Papua New Guinea (PNG). Kepala BMH Perwakilan Papua, Syahri mengatakan bahwa program ini menjadi hal yang sangat dibutuhkan, mengingat sisi ekonomi dan kesadaran siswa akan pentingnya belajar masih belum seperti provinsi lainnya. “Program ini dilatarbelakangi oleh para santri asli Papua yang berasal dari keluarga kurang mampu dan berasal dari luar kota.

Untuk meningkatkan motivasi mereka dalam belajar agama Islam, beasiswa ini akan diberikan rutin setiap bulan demi kelancaran pendidikan mereka, sebab memang ini kebutuhan yang ada di sini,” ucapnya.

Menariknya dalam sesi kali ini, donatur BMH juga turut hadir menyaksikan dan memberikan beasiswa secara langsung. “Dalam pertemuan itu menjadi momen bagi donatur untuk mengenal santri asli Papua ini. Suasana haru kian terasa kala penyerahan beasiswa secara simbolis oleh donatur kepada para santri,” imbuh Syahri.

Salah satu donatur yang memberikan asuransi pendidikan anak termurah mengatakan bahwa ia sangat senang dengan program yang dilaksanakan oleh BMH Papua. Ini merupakan program yang sangat baik sehingga dapat dirasakan oleh anakanak yang memiliki semangat belajar tinggi namun terkendala biaya. “Ke depannya program seperti ini terus dipertahankan sehingga masyarakat muslim terus memberikan kepercayaan kepada BMH,” ucapnya. Di lain kesempatan seorang donatur BMH mengatakan, pekerjaan yang diangkat oleh BMH ini sangat luar biasa.

“Sudah membuat program tapi dananya belum ada dan setelah program itu berjalan, Alhamdulillah dengan izin Allah Subhanahu Wa Ta’ala dananya bisa didapat juga,” katanya dengan mimik penuh keheranan. Kepedulian donatur melalui BMH tentu saja menjadi suatu kebahagiaan tersendiri bagi para penerima manfaat program ini. Para santri pun mengucapkan terima kasih kepada para donatur dan BMH. “Alhamdulillah, terima kasih donatur, terima kasih BMH,” kata para santri setelah menerima beasiswa. Di wilayah Papua beasiswa ini akan bermanfaat besar dalam perjalanan pendidikan mereka karena selama ini memang kelangsungan pendidikan mereka hanya mengandalkan beasiswa.