Intip Penyebab Kanker Serviks yang Harus Dihindari

Kanker serviks atau kanker mulut rahim memang rentan sekali terjadi pada seorang wanita. Maka dari itu menerapkan pola hidup sehat serta mengonsumsi makanan sehat merupakan kewajiban bagi seorang wanita.

Tidak hanya menerapkan pola hidup sehat saja, dengan mengenali penyebab kanker serviks ini lebih awal tentunya akan berakibat baik dan bisa melakukan pencegahan terhadap sedini mungkin. Jangan sampai terlambat hingga mengakibatkan terserang penyakit yang tidak diinginkan.

Penyebab Kanker Serviks

Beberapa penyebab kanker serviks yang harus dihindari oleh wanita diantaranya adalah :

  1. Merokok
    Kini merokok tidak hanya dilakukan oleh pria saja, namun juga wanita. Wanita yang merokok bahkan bisa beresiko dua kali lipat terkena penyakit kanker serviks. Hal ini kareana sel skuamosa akan berkembang di mulut rahim sehingga meningkatkan resiko penyakit ini.

Kandungan zat kimia yang ada dalam rokok, benzyne sangat berbahaya dan beresiko menyebabkan kanker. Zat tersebut bisa merusak sel – sel pada lapisan mulut rahim.

  1. HPV
    HPV atau Human Papillomavirus merupakan penyebab kanker serviks terbesar hampir 99.7%. Virus HPV ini bisa menular dan menyebar kepada orang yang secara aktif berhubungan seksual, apalagi dengan berganti – ganti pasangan semakin meningkatkan resiko akan kanker serviks ini.
  1. Aktivitas seksual terlalu dini
    Memang semua yang tidak sesuai kadarnya adalah hal yang tidak baik, seperti melakukan akktivitas seksual terlalu dini. Semakin dini melakukan hubungan seks tersebut, semakin besar pula resiko seorang wanita terinfeksi virus HPV.Meskipun memang penyakit kanker serviks ini menyerang wanita yang berusia di atas 25 tahun, namun kini banyak pula kasus wanita di bawah umur yang terjangkit penyakit ini. Maka dari itu sebaiknya kini wanita dihimbau untuk tidak melakukan hubungan seks terlalu dini.
  1. Lemahnya sistem kekebalan tubuh
    Virus HPV sebagai penyebab utama penyakit kanker serviks sangat berpengaruh menyerang seorang wanita yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti pada penderita HIV/AIDS. Maka dari itu sangat penting untuk menjaga kesehatan dan sistem kekebalan tubuh agar tidak terkena virus berbahaya ini.
  1. Melahirkan
    Kenapa melahirkan juga menjadi penyebab kanker serviks ? hal ini karena perubahan hormon saat sedang hamil membuat mulut rahim sangat rentan terserang virus HPV. Apalagi untuk wanita yang melahirkan anak ketika berusia kurang dari 20 tahunan, resikonya akan semakin tinggi. Wanita yang telah melahirkan tiga orang anak bahkan beresiko pula tiga kali lipat tertular virus HPV yang menyebabkan kanker serviks daripada yang belum pernah melahirkan.

Demikian informasi mengenai penyebab kanker serviks yang harus dihindari. Sebenarnya intinya hanya harus menjaga pola hidup sehat serta tidak melakukan hal – hal yang dilarang tersebut. Maka kita akan terhindar dari penyakit kanker serviks ini. Semoga bermanfaat.