5 Jenis Mesin Genset yang Umum Digunakan

Mesin Genset yang Umum Digunakan – Butuh butuh listrik di pedalaman tapi PLN belum masuk? Jangan khawatir. Saat ini kebutuhan listrik anda tidak hanya bisa didapatkan melalui kabel PLN saja. Anda bisa memenuhi kebutuhan listrik anda melalui beberapa cara seperti, menggunakan pembangkit tenaga surya atau air secara mini, ataupun bila ingin lebih praktis anda bisa menggunakan genset.

Mesin Genset yang Umum Digunakan

Genset sendiri merupakan pembangkit listrik portabel atau mudah untuk dipindah dan dibawa kemana pun. Kata genset berasal dari kata generator set, yang berfungsi untuk memutar generator dengan bahan bakar sehingga menghasilkan induksi elektromagnetik yang selanjutnya menjadi awal mula listrik. Jenis genset dapat dibedakan berdasarkan bahan bakar yang digunakan.

  1. Mesin Genset Bensin

Jenis genset yang paling umum dijual dan menggunakan bahan bakar bensin. Genset bensin dikenal juga sebagai genset portabel dengan dua kapasitas genset, yakni 2 tak dengan kapasitas dibawah 1000 watt dan 4 tak untuk kapasitas maksimal 10.000 watt. Beberapa produsen genset bensin/portabel diantaranya adalah genset dengan merek Goysen dan Brother.

  1. Mesin Genset Diesel/Solar

Nah beda bahan bakar, beda pula kapasitas listrik yang dihasilkan. Bila mesin genset bensin hanya bisa menghasilkan kapasitas listrik maksimum sebesar 10 kWh, mesin genset diesel/solar justru bisa menghasilkan kapasitas listrik antara 10 kWh sampai 100 kWh. Oleh karena itu mesin genset ini secara umum digunakan untuk acara besar seperti hajatan, pentas seni dan sebagainya.

  1. Mesin Genset Gas

Genset gas menggunakan bahan bakar berupa LPG (Liquid Petroleum Gas) atau CNG (Compressed Natural Gas). Genset banyak di gunakan pada perusahaan-perusahaan besar, dikarenakan dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Selain itu CNG biasanya memiliki saluran khusus ke genset dengan sistem perpipaan yang cukup rumit.

  1. Mesin Genset Tenaga Surya

Mesin genset tenaga surya banyak digunakan di wilayah pedalaman dimana sulit untuk mendapatkan bahan bakar dan penggunanya yang berpindah-pindah. Selain itu penggunaan genset tenaga surya hanya cukup untuk penggunaan barang elektronik yang tidak terlalu membutuhkan kapasitas terlalu besar. Genset ini juga memiliki bagian panel surya untuk menyerap energi dari sinar matahari.

  1. Mesin Genset Turbin

Mesin genset turbin memiliki sistem seperti halnya PLTA yang digerakkan dengan tenaga air, udara maupun uap. Kapasitas listrik yang dikeluarkan dari genset ini juga cukup besar, yakni sebesar 2 MW, atau setara dengan power generator. Dengan kapasitas tersebut, genset turbin mampu memenuhi kebutuhan listrik 1 kota kecil.

Nah dari referensi diatas, sudahkan anda menentukan jenis genset yang ingin anda gunakan? Ingat, sesuaikan kapasitas genset yang akan anda beli dengan kebutuhan anda yah. Dengan begitu anda dapat lebih berhemat dan menjaga keawetan mesin genset anda. Mesin-mesin genset seperti ini dapat dengan mudah ditemukan pada tempat jual genset diesel jakarta maupun tempat jual mesin genset Bali.