Persiapan Mengajak Bayi Bepergian Dengan Pesawat Bagian 2

originals.id – * Tas bayi. Pilih tas untuk keperluan perlengkapan bayi yang mudah dibawa. Tas bentuk ransel amat disarankan karena tidak merepotkan dan memungkinkan kita tetap dapat memenuhi kebutuhan bayi dengan bebas. Tempatkan segala keperluan bayi (pakaian ganti, susu, baby oil, obat-obatan, bedak, makanan, mainan, dan lainnya) di dalam tas yang dibawa ke dalam kabin. Bawa tas kecil lain untuk menyimpan tiket dan uang selama penerbangan.

* Gangguan telinga. Tekanan udara di dalam kabin pesawat bisa saja berubah-ubah, terutama ketika lepas landas atau mendarat. Hal ini sering kali membuat telinga menjadi tidak nyaman, sakit, berdengung, pendengaran terganggu, dan lainnya. Usahakan agar saluran penghubung rongga telinga tengah dengan mulut tetap terbuka dengan beberapa cara, seperti: diberikan ASI, mengisap empeng, makan kudapan, dan mengajaknya bicara. Lakukan setidaknya sampai ketinggian pesawat stabil. Hal ini untuk menyeimbangkan tekanan dalam telinga, sehingga bayi merasa lebih hangat. Supaya lebih nyaman, pakaikan bayi jaket, kaus kaki, sarung tangan, topi, dan hindari terpaan AC secara langsung.

* Pastikan bayi kenyang. Sebaiknya atur agar bayi dalam kondisi tidak lapar saat di pesawat dan tetap patuhi jadwal makannya selama perjalanan. Perut kosong akan membuat bayi mudah rewel. Pastikan juga bayi cukup minum agar ia tidak dehidrasi karena udara di dalam kabin cenderung kering.

* Siap penerbangan panjang. Tidak ada batasan seberapa jauh dan lama penerbangan yang boleh dilakukan bayi. Yang penting ia tetap mendapat asupan nutrisi optimal, tidur cukup, aktivitas selama perjalanan yang menyenangkan, dan pencegahan terhadap paparan sumber penyakit di pesawat, misal menghindari penumpang yang tengah batuk pilek di pesawat.

* Pakaikan diaper. Demi kenyamanan selama perjalanan, bayi dapat dipakaikan popok sekali pakai. Sering-seringlah memeriksa popok sekali pakainya agar bayi tetap merasa nyaman. Ganti diaper setiap 2–4 jam sekali, kecuali bila ia pup, segera ganti dengan diaper baru.

* Manfaatkan waktu transit. Dalam penerbangan jarak jauh, pesawat umumnya akan melakukan transit. Manfaatkan waktu itu dengan berjalan-jalan di dalam bandara untuk mengatasi rasa bosan bayi.