Tutorial Service Mesin Cuci Sharp 1 Tabung untuk Perawatan

Sejauh ini, banyak orang beranggapan bahwa service hanya dilakukan jika mesin cuci 1 tabung miliknya sudah mengalami kerusakan. Padahal service mesin cuci Sharp 1 tabung atau jasa service ac juga bisa ditujukan untuk perawatan.

Sering dianggap sepele sehingga banyak orang yang mengabaikan melakukan perawatan terhadap mesin cuci. Padahal perawatan mesin cuci juga merupakan hal penting untuk dilakukan guna menjaga performa mesin cuci itu sendiri.

Merawat mesin cuci merupakan suatu cara untuk mencegah kerusakan pada mesin cuci. Penggunaan mesin cuci yang sudah sesuai prosedur namun tidak diimbangi dengan melakukan perawatan yang rutin rasanya masih kurang pas.

Hasil pencucian pun menjadi kurang sempurna. Dengan melakukan perawatan yang rutin Anda juga dapat lebih dini mengetahui kerusakan pada mesin cuci. Misalnya, adanya kerusakan kabel karena digigit tikus, sehingga tindakan penanganan pun bisa dilakukan lebih dini.

Bagian – Bagian dan Cara Service Mesin Cuci Sharp 1 Tabung untuk Perawatan

  1. Mencuci mesin cuci

Bukan hanya pakaian, tabung mesin cuci juga perlu dicuci untuk menjaga kebersihannya. Pencucian ini dilakukan minimal satu minggu sekali. Tujuannya untuk membersihkan sisa – sisa detergen, pewangi atau pelembut serta bau yang melekat pada mesin cuci Anda.

Caranya, isi tabung dengan air hangat bersuhu 40 oC. Untuk mesin cuci Sharp tipe – tipe tertentu sudah terdapat program pencucian menggunakan air panas. Kemudian, tambahkan klorin secukupnya. Jalankan proses pencucian hingga selesai. Lanjutkan dengan mengelap bagian dalam dengan kain yang lembut.

  1. Membersihkan filter

Filter ini terletak di bagian dalam mesin cuci. Filter berguna untuk menyaring kotoran yang terlepas dari pakaian saat proses mencuci berlangsung. Minimal satu minggu sekali, filter harus dibersihkan.

Caranya, ambil filter dari dalam tabung, buang kotoran yang bersarang di dalamnya. Kemudian, bersihkan bagian – bagian filter dengan bantuan sikat gigi dan bilas hingga bersih dengan air. Jika kotoran sulit dihilangkan Anda bisa merendamnya dulu dengan air hangat dan detergen.

  1. Membersihkan saluran pembuangan

Bagian ini perlu dibersihkan secara berkala. Tidak dirawatnya bagian ini dapat menyebabkan kemampetan dan kebocoran saluran pembuangan. Kalau sudah terlanjur demikian, mau tidak mau service mesin cuci Sharp 1 tabung milik Anda harus dilakukan.

Caranya, buka tutup mesin di bagian belakang, cari klep pembuangan, lalu bersihkan. Anda bisa membersihkan bagian ini dengan bantuan sikat gigi bekas. Meskipun sedikit merepotkan, tapi membersihkan saluran ini harus tetap dilakukan.

  1. Membersihkan bagian – bagian luar mesin cuci

Membersihkan bagian luar mesin cuci merupakan episode yang paling mudah untuk dipraktekan. Anda bisa membersihkan bagian luar ini kapan pun Anda inginkan. Cara yang paling tepat untuk membersihkan bagian luar mesin cuci adalah dengan melarutkan air hangat dengan cuka.

Selanjutnya larutan tersebut bisa diaplikasikan ke seluruh bagian luar mesin cuci menggunakan lap. Celupkan lap ke dalam larutan tersebut lalu peras dan lapkan ke seluruh bagian mesin cuci. Bersihkan mesin cuci hingga ke sela – sela.

Tidak ada kerugian yang akan dapatkan jika Anda merawat mesin cuci. Malahan Anda akan memperoleh banyak keuntungan salah satunya adalah mesin cuci menjadi panjang umur.

Tentunya Anda tidak ingin bukan jika mesin cuci Anda jadi langganan di tempat service mesin cuci Sharp 1 tabung ? Maka dari itu, mulai sekarang cobalah untuk rajin membersihkan mesin cuci. Sekian.